PREDIKSI
SOAL UKG SESUAI KISI-KISI TAHUN 2012
JENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD ) |
||||||||||||||||||||||||||||||
Petunjuk :
Pilihlah jawaban yang benar ! |
||||||||||||||||||||||||||||||
1. Menurut Ross dan Roe (Zuchdi dan
Budiasih, 1997) fase kedua perkembangan bahasa anak yang
benar adalah . . . .
A. Anak sudah dapat
membaca lancar dalam cerita sederhana yang didasarkan konteksnya.
B. Anak sudah mengenal huruf, suku kata, dan kata untuk keperluan membaca . C. Anak sudah dapat menganalisis kata yang tidak diketahuinya menggunakan pola tulisan dan
kesimpulan
yang didasarkan konteksnya
D. Anak sudah meningkat membacanya bukan lagi
pengenalan tulisan, melainkan sudah pada
tingkat
pemahaman bahan bacaan.
2. Pembelajaran membaca merupakan
suatu keterampilan yang kompleks yang melibatkan serangkaian keterampilan
lebih kecil lainnya. Dalam memilih materi ajar Membaca dan
Menulis Permulaan(MMP) yang cocok guru perlu mempertimbangkan .
. . .
A. Keterampilan yang bersifat mekanis
dapat dianggap berada pada urutan yang lebih rendah.
B. Tingkat kesesuian materi itu dengan tema, dan fokus pada pembicaraan,meskipun
tema-tema
itu bukan merupakan bahan ( isi
pelajaran ) yang harus diajarkan.
C. Keterampilan bersifat pemahaman yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih tinggi ,
yang mencakup makna, evaluasi, dan kecepatan membaca.
D. Tingkat kesesuian materi itu dengan tema, dan fokus pada pembicaraan,dengan tema-tema yang
sama
dengan bahan atau isi pelajaran .
3. Dalam materi
pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang sesuai dengan Kompetensi Dasar kelas IV semester II , siswa diharapkan nantinya dapat menulis dengan
memperhatikan unsur-unsur kebahasaan dalam kaidah penulisan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar, seperti . . . .
A. Penggunaan ejaan, penulisan tanda baca dan huruf besar.
B. Penggunaan ejaan ,struktur kalimat, dan penulisan tanda baca . C. Penggunaan struktur kalimat, ejaan , dan huruf besar. D. Penggunaan struktur kalimat ,ejaan, dan penulisan tanda baca.
4.
Dalam memilih berbagai metode
pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan
kegemaran menulis siswa yang terbaik adalah metode . . . .
A. Metode Eja, Suku Kata ,dan
Metode Kata
B. Metode Global (Metode Kalimat )
C. Metode SAS( Struktural Analitik Sintetik ) D. Metode yang cocok dengan pembawa metode tersebut.
5. Teknik pembelajaran menulis di kelas ( 3-6 ) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa antara lain .
. . .
A. Menulis cerita dan menulis untuk keperluan sehari-hari.
B. Menulis cerita dan menyusun
daftar riwayat hidup.
C. Menulis sinopsis dan menulis untuk keperluan sehari-hari
D. Menulis sinopsis dan menulis daftar riwayat hidup .
6. Langkah-lankah dalam perencanaan dan pelaksanaan
penilaian / evaluasi dalam pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia Menurut Damaianti (2007: 8) , kecuali . .
. .
A. Perumusan tujuan evaluasi
B. Penetapan aspek-aspek,metode dan bentuk evaluasi . C. Merencanakan waktu evaluasi D. Merencanakan analisa perbaikan dan pengayaan
7. Membaca sebagai pemrosesan
kata-kata, konsep, informasi, dan gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh
pengarang yang berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman awal pembaca ,hal ini menurut pendapat .
. . .
A. Farris (1993:304)
B. Syafi‘i (1999:7)
C. Hugo Harting
D. Dalam KBBI (2000:62)
8. Jenis-jenis membaca ada dua yaitu:
A. Membaca eksplisit dan
implisit.
B. Membaca nyaring, dan dalam hati. C. Membaca ekstensif dan membaca intensif
D. Membaca cepat dan lambat.
9. Bacalah berita di bawah ini !
Ketagihan Game Online Murid SD Mencuri Uang
Senin , 10 Mei 2012 18:00
SEIBEDUK, METRO: Seorang bocah laki-laki yang baru
duduk di SD Kelas 5 di Kabupaten Geresang nekat mencuri uang tetangganya.
Bocah itu adalah Ha ( 11 ) ditangkap oleh pemilik uang yakni Bu Tega pada
hari Sabtu siang pukul 11.00 WIB. Di Markas Polisi, dengan wajah yang lebam
dan kusut sehabis menangis ia menjawab “ Iya saya mengambil uang, untuk main
game online Power Blank “ . .
. .
Dari berita diatas pesan pokok yang tersirat adalah
. . .
A. Kegagalan dunia pendidikan
dalam pendidikan karakter.
B. Penegakkan hukum harus dijalankan.
C. Peringatan kepada semua pihak
terhadap akibat buruknya kemajuan teknologi terhadap
perkembangan anak.
D. Game Online harus dilarang karena
berakibat buruk terhadap perkembangan anak.
10. Pesan pokok yang ingin disampaikan penulis kepada
pembacanya disebut. . . .
A. Petuah
B. Amanat
C. Kesan dan pesan
D. Ide pokok
11. Dalam cerita rakyat Malin Kondang pesan yang yang
tersirat dalam cerita tersebut adalah. .
. .
A. Yang menyebabkan nak Durhaka
B. Anak yang berhasil
C. Ibu yang tega mengutuk anaknya
D. Akibat dari anak yang durhaka
terhadap ibunya.
12. Isi dari puisi “ Aku “ karangan Chairul Anwar adalah. . . .
A. Penderitaan Pejuang Indonesia
B. Penderitaan Chairul Anwar
C. Penderitaan anak jalanan dalam
mencapai kebebasan.
D. Penderitaan dan keyakinan bangsa Indonesia untuk tetap hidup sepanjang masa.
13. Seorang
penulis melalui tulisannya mengharapkan pembaca dapat melihat, mendengar,
mencium bau,
mencicipi
dan merasakan hal yang sama dengan penulis. Jenis karangan tersebut termasuk. . . .
A. ARGUMENTASI
B. EKSPOSISI
C. DESKRIPSI
D. NARASI
14.
Perhatikan contoh surat berikut !
Nomor : 420 / 234 / 419.42.10 / 2012
Lampiran : -
Hal : Pemberitahuan Pondok Ramadhan
1433 H
Kepada Yth : Bapak / Ibu Orang Tua
/ Wali M urid
Siswa SDN Sukabaca Kec.
Ancerdas
Kediri
Assalamu’Alaikum Wr.Wb.
Dalam upaya Ketakwaankepada Tuhan
Yang Maha Esa, . .
. . dst.
Bentuk surat seperti contoh diatas
adalah . . . .
A.
Bentuk lurus ( block style)
B.
Bentuk setengah lurus (semi
block style)
C.
Bentuk lekuk (indented style)
D.
Bentuk paragraf mengantung
(hanging paragraph)
15. Surat yang dikirim oleh seseorang kepada orang lain atau
suatu organisasi/instansi termasuk jenis
surat . . . . .
A. Surat resmi
B. Surat formal C. Surat dinas
D. Surat pribadi
Kunci Jawaban
IPS
81.
Perbedaan antara konsep dan generalisasi adalah . . . ( a ) .
a.
Konsep tidak memiliki
tesis.
Generalisasi
memiliki tesis yang
menunjukkan sesuatu tentang subjek
kalimat.
b.
Konsep adalah dasar-dasar atau aturan-aturan yang dituangkan dalam kalimat yang
kompleks
Generalisasi sebagai suatu informasi atau data yang ada atau terjadi dalam kehidupan
sehari-
hari dan
dikumpulkan dan dikaji oleh para ilmu sosial yang terjamin kebenarannya.
c. Konsep tidak memiliki
tesis
Generalisasi sebagai suatu informasi atau data yang ada atau terjadi dalam kehidupan
sehari-
hari dan
dikumpulkan dan dikaji oleh para ilmu sosial yang terjamin kebenarannya.
d. Konsep adalah dasar-dasar atau
aturan-aturan yang dituangkan dalam
kalimat yang kompleks
Generalisasi memiliki tesis yang menunjukkan sesuatu tentang subjek kalimat.
82. Pengertian Fakta di bawah ini kecuali . .
. .( d )
a. Kenyataan yang
ada di sekitar kita yang tidak terbatas jumlahnya
b. Sebagai apa yang benar dan merupakan kenyataan,
realitas yang real, benar dan juga
merupakan kejadian yang nyata.
c. Sebagai suatu informasi atau data yang ada atau
terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan
dikumpulkan dan dikaji oleh para ilmu sosial yang
terjamin kebenarannya.
d. suatu kesatuan atribut yang berkaitan dengan simbol tentang objek, peristiwa atau proses.
83. Indonesia
berada pada pertemuan berbagai macam kebudayaan dunia, yang berjalin satu
dengan
yang lain.Bila diteliti dalam perjalanan sejarah, kebudayaan yang masuk ke
Indonesia adalah . . .(B)
a. Kebudayaan Cina, Islam, dan Eropa, Jepang
b. Kebudayaan Cina, Hindu, Islam, dan Eropa.
c. Kebudayaan Cina, Syiawa, Islam, dan
Eropa.
d. Kebudayaan Cina, Hindu, Islam, dan Belanda.
84. Kebudayaan seperti yang dikemukakan oleh
Koentjaraningrat merupakan keseluruhan gagasan dan
karya manusia yang harus dibiasakan
dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya
itu. Oleh karena itu, kebudayaan
menyangkut hal yang sangat luas, antara lain bahasa, sistem
teknologi,
sistem mata pencaharian hidup atau ekonomi, organisasi sosial, sistem
pengetahuan,
kesenian, dan religi. Keragaman sosial budaya mencakup . . .
. ( c )
a.
keragaman Sara, Etnik, dan Agama
Nusantara.
b.
keragaman Ras, Etnik, dan Budaya Nusantara.
c.
keragaman Ras, Etnik, dan Agama
Nusantara.
d.
keragaman Ras, Budaya, dan Agama
Nusantara.
85. Hubungan antara makhluk hidup, terutama manusia dengan lingkungannya
sangat berlangsung secara
erat.
Ketika manusia hadir untuk pertama kalinya di permukaan bumi, maka pada saat
itulah manusia
sudah
membutuhkan bantuan lingkunga. Misalnya manusia membutuhkan udara untuk
bernafas dan
sebagainya.
Ketika awal pertumbuhan penduduk masih sedikit, hubungan manusia dengan
lingkungan
masih
seimbang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin meningkatnya
jumlah
manusia
di muka bumi ini yang tidak diimbangi oleh pertumbuhan dan perkembangan
sumber daya
alam,
maka kelangsungan hidup manusia mulai mengalami ancaman. Hal ini dikarenakan . . . (a)
a.
Jumlah
sumber daya alam semakin menipis, sementara yang membutuhkan sumber daya alam
semakin banyak.
b.
Jumlah
sumber daya alam semakin menipis, sementara yang membutuhkan sumber daya alam
tidak mengerti.
c.
Jumlah
sumber daya alam semakin menipis, sementara pemerintah terus meningkatkan
ekspor sumber daya alam .
d.
Jumlah
sumber daya alam semakin menipis, sementara eksploitasi sumber daya alam
banyak dikuasai pemilik modal asing.
86. Upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk
sumberdaya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan,
kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan adalah pengertian dari . . . .(b)
a. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kesejahteraan rakyat.
b. Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup
c. Pembangunan daerah yang berwawasan kesejahteraan
rakyat.
d. Pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan hidup .
87. Gejala alam yang
terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu .
. . . (d)
a. Faktor kenampakan alam Indonesia dan faktor perilaku kebijaksanaan pemerintah.
b. Faktor gejala alam Indonesia dan faktor perilaku manusia.
c. Faktor keadaan alam Indonesia dan faktor kebijaksanaan pemerintah.
d. Faktor keadaan atau kenampakan alam Indonesia dan faktor perilaku
manusia.
88. Pada dasarnya
perilaku manusia yang kurang bertanggung jawab, menyebabkan terjadinya gejala
(peristiwa) alam yang dapat merugikan kehidupan manusia. Salah satu
contohnya ialah .. .
(a)
a.
Kebiasaan manusia yang suka membuang sampah sembarangan. Sehingga dapat berakibat tersumbatnya aliran air ini , air meluap sehingga terjadilah banjir.
b.
Kebiasaan
manusia yang tidak mentaati peraturan.
c.
Kebiasaan
manusia yang selalu merasa kurang.
d.
Pembangunan
pemukiman yang terus menerus.
89. Koentjaraningrat (1993:384), menyatakan, bahwa
sumber-sumber konflik antar suku-suku bangsa
atau
golongan pada umumnya dalam Negara-negara sedang berkembang, seperti
Indonesia, yaitu
kecuali
. . . . (d)
a.
Konflik
bisa terjadi, kalau warga Negara dari dua suku bangsa masing-masing bersaing
dalam hal mendapatkan lapangan mata pencaharian hidup yang sama.
b.
Konflik
bisa terjadi kalau warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan unsur-unsur
dari kebudayaak kepada warga dari suku bangsa lain.
c.
Konflik
yang sama dasarya tetapi ebih fanatic dalam wujudnya, bisa terjadai kalau
warga dari satu bangsa mencoba emaksakan konsep-konseo agamanya terhadap
warga dari suku bangsa lain yang berbbed agama.
d.
Konflik
akan terjadi kalau kepala suku bangsa berusaha menguasai suku bangsa lain.
90.
Tahap-tahap adanya globalisasi terdiri atas tiga fase.yaitu kecuali . . . ( b)
a. Globalisasi dimulai
sejak abad ke-15 yang ditandai dengan ekspansi bangsa-bangsa Eropa ke
beberapa
wilayah Negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin serta penduduk kulit kulit
putih atas
tanah
Amerika Utara dan Australia.
b. Adanya revolus Industry di Negara-negara
Eropa.
c. Era pembangunan. Pada
periode ini ditandai dengan masa kemerdekaan dunia ketiga secara
fisik. Pada fase kedua ini kolonisasi tidak terjadi secara fisik,
artinya penjajahan sudah diakhiri
di sebagian besar negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin.
d. Fase
ketika, terjadi menjelang abad 21 atau penghujung abad 20, yang ditandai
dengan
liberalisasi di
segala bidang.
91. Indonesia relatif
berhasil dalam menjalankan penyesuaian tahap pertama terhadap globalisasi.
Hal ini ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan ekonomi seperti arus
perdagangan barang dan jasa serta modal. Namun, globalisasi juga membawa
dampak negatih antara lain . . . ( c)
a. Meningkatnya kejahatan masyaraka
b. Meningkatnya perilaku masyarakat terhadap pornografi .
c. Meningkatnya kesenjangan antara kelompok
masyarakat yang lebih punya akses terhadap
globalisasi
dengan yang tidak.
d. Meningkatnya kelompok masyarakat yang tidak beragama.
92. Seiring
dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dunia dan perkembangan ilmu
pengetahuan serta teknologi, terutama
perkembangan teknologi informasi mengantarkan masyarakat dunia pada sistem
ekonomi global. Pada proses globalisasi ekonomi, sebagian besar penduduk yang
tersebar di dunia ke tiga mengalami proses peralihan. Proses peralihan ini
terjadi dari . . . (d )
a. Kehidupan tradisional
menuju kehidupan yang modern yang
tertutup.
b. Kehidupan yang
terisolasi menuju kehidupan yang terbuka.
c. Kehidupan tradisional
yang terisolasi menuju kehidupan yang modern dan tertutup.
d. Kehidupan tradisional
yang terisolasi menuju kehidupan yang modern dan terbuka.
93. Aktifitas masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya sangat beragam. Ada yang bekerja di sawah, berjualan di pasar,
bekerja di kantor, bekerja di pabrik, pengemudi kendaraan dan pekerja di
bidang jasa. Semua bentuk kegiatan merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan
ekonomi di bagi menjad tiga, yaitu: kecuali
. . . (b )
a. Produksi
b.
Kontruksi
c. Distribusi
d. Konsumsi
94. Suatu
benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai,
menukar, dan melakukan pembayaran atas pemilihan barang dan jasa, dan pada
waktu yang bersamaan bertinda sebagai alat penimbun kekayaan adalah pengertian dari . . . ( c )
a. Emas
b. Giro
c. Uang
d. ATM
95.
Rasional mempelajari IPS untuk jenjang pendidikan dasar adalah kecuali agar
siswa dapat . . .( d)
a.Mensistematisasikan
bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah
dimiliki tentang manusia dan
lingkungannya menjadi lebih bermakna.
b.Lebih
peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan
bertanggung jawab.
c.Mempertinggi
rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan antar manusia.
d. Memperkuat
posisinya dalam kelompok social.
96. Bagi Indonesia, karakteristik warga negara yang baik
tentu saja harus mengacu kepada Dasar Negara
Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945 (Pembukaan UUD 1945 alinea 4) dan
Undang-Undang
tentang Sisdiknas. Seperti
juga tujuan pendidikan pada umumnya, tujuan utama pengajaran IPS
adalah . . . . ( a.)
a.Untuk membentuk dan mengembangkan
pribadi “warga negara yang baik” (good
citizen).
b. perkembangan kehidupan manusia,
sejarah yang dimulai dari sejarah lingkungan terdekat
sampai
yang terjauh, tentang tokoh-tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
c. Mensistematisasikan bahan, informasi,
dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang
manusia
d. Lingkungan geografi
dan budaya meliputi segala aspek geografi dan antropologi yang terdapat
sejak dari lingkungan anak yang terdekat sampai yang terjauh.
97.
Dalam rangka pengajaran IPS banyak sekali media yang dapat dipakai. Menurut Oemar Hamalik (1985:63) contoh contoh
media pengajaran seperti transkripsi electris, radio, rekaman pada tape recorder termasuk … (b)
a.
Alat-alat visual
b.
Alat-alat yang bersifat auditif
c.
Dramatisasi
d.
Demonstrasi
98. Bentuk
assessment ini didasarkan pada dua aktivitas pokok, yaitu observasi proses
saat berlangsungnya unjuk keterampilan dan Evaluasi hasil cipta atau produk.
Metode ini sangat tepat untuk mencapai target reasoning, skill dan product.
Sedangkan afektif sangat penting untuk persiapan yang cermat dan pengalaman
yang banyak serta mendalam dan pemikiran yang praktis.(Stiggins (1994, Student Centered Assesment ) termasuk jenis penilaian . . . . ( a )
a. Performance Assesment
b. Selected Respone Assesment
c. Essay Assesment
d. Communication With Report Card Grades
98. Penilaian Non Tes penting untuk diterapkan, utuk
melegkapi penilaian tes. Secara umum teknik ini dibagi menjadi beberapa
macam, yaitu kecuali . .
. .
(c)
a.
Teknik observasi
b.
Teknik kuisioner dan inventori
c.
Teknik
Formal
d.
Teknik wawancara
99. Untuk
mengetahui tingkat keberhasilan, maka perlu dilaksanakan evaluasi
pembelajaran IPS. Evaluasi
pembelajaran IPS yang baik dilandasi
oleh asas-asas yang menjadi persyaratannya. Oleh karena itu,
untuk memperoleh alat evaluasi yang
memenuhi syarat, wajib dilakukan melalui . . . .( c)
a. Perancangan dan perencanaan dengan Kompetensi
Dasarnya.
b. Perancangan dan perencanaan dengan Indikatornya.
c. Perancangan dan perencanaan dengan
kisi-kisinya.
d. Perancangan dan perencanaan dengan Tujuannya.
100.
Pada hakekatnya evaluasi adalah penilaian program, proses, dan hasil
pendidikan yang dilaksanakan
secara berkesinambungan. Evaluasi
pembelajaran IPS mempunyai beberapa fungsi bermakna antara
lain . . . . (a)
a. Bagi guru maupun bagi peserta didik
b. Bagi guru ,peserta didik, maupun bagi atasan
guru.
c. Bagi guru ,peserta didik, atasan guru , maupun
Masyarakat
d. Bagi guru ,peserta didik, atasan guru
,masyarakat, maupun pengawas pendidikan.
“ SELAMAT BERLATIH SEMOGA SUKSES “
Guru Bankid SIJI
|
Senin, 06 Agustus 2012
Prediksi Soal UKG SD Sesuai Kisi-Kisi
Langganan:
Postingan (Atom)