Laman

Senin, 06 Agustus 2012

Prediksi Soal UKG SD Sesuai Kisi-Kisi

PREDIKSI SOAL UKG SESUAI KISI-KISI TAHUN 2012
JENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD )

Petunjuk :
Pilihlah jawaban yang benar !
1. Menurut Ross dan Roe (Zuchdi dan Budiasih, 1997) fase kedua perkembangan bahasa anak yang
    benar adalah .  .  . .
A. Anak sudah dapat membaca lancar dalam cerita sederhana yang didasarkan konteksnya.
B. Anak sudah mengenal huruf, suku kata, dan kata untuk keperluan membaca .
C. Anak sudah dapat menganalisis kata yang tidak diketahuinya menggunakan pola tulisan dan
                    kesimpulan yang didasarkan konteksnya
D. Anak sudah meningkat membacanya bukan lagi pengenalan tulisan, melainkan sudah pada
     tingkat pemahaman bahan bacaan.

2. Pembelajaran membaca merupakan suatu keterampilan yang kompleks yang melibatkan serangkaian keterampilan lebih kecil lainnya. Dalam memilih materi ajar Membaca dan Menulis Permulaan(MMP) yang cocok guru perlu mempertimbangkan .  .  .  .
A. Keterampilan yang bersifat mekanis dapat dianggap berada pada urutan yang lebih rendah.
B. Tingkat kesesuian materi itu dengan tema, dan fokus pada pembicaraan,meskipun tema-tema
      itu bukan merupakan bahan ( isi pelajaran ) yang harus diajarkan.
C.
Keterampilan bersifat pemahaman yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih tinggi ,
    yang mencakup makna, evaluasi, dan kecepatan membaca.
D.
Tingkat kesesuian materi itu dengan tema, dan fokus pada pembicaraan,dengan tema-tema yang
     sama dengan bahan atau isi pelajaran .
3. Dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang sesuai dengan Kompetensi Dasar kelas IV semester II , siswa diharapkan nantinya dapat menulis dengan memperhatikan unsur-unsur kebahasaan dalam kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti .  .  .  .
A. Penggunaan ejaan, penulisan tanda baca dan huruf besar.
B.
Penggunaan ejaan ,struktur kalimat, dan penulisan tanda baca .
C.
Penggunaan struktur kalimat,  ejaan ,  dan huruf besar.
D.
Penggunaan struktur kalimat ,ejaan, dan penulisan tanda baca.
4. Dalam memilih berbagai metode pembelajaran menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kegemaran menulis siswa yang terbaik adalah metode . . . .
A. Metode Eja, Suku Kata ,dan Metode Kata 
B. Metode Global (Metode Kalimat )
C.
Metode SAS( Struktural Analitik Sintetik )
D.
Metode yang cocok dengan pembawa metode tersebut.
5. Teknik pembelajaran menulis di kelas ( 3-6 ) yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa antara lain .  .  .   .
A. Menulis cerita dan menulis untuk keperluan sehari-hari.
B. Menulis cerita dan menyusun daftar riwayat hidup.
C. Menulis sinopsis dan menulis untuk keperluan sehari-hari
D.
Menulis sinopsis dan menulis daftar riwayat hidup .
6. Langkah-lankah dalam perencanaan dan pelaksanaan penilaian / evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Menurut Damaianti (2007: 8) , kecuali .  .  .  .
A. Perumusan tujuan evaluasi
B.
Penetapan aspek-aspek,metode dan bentuk evaluasi .
C.
Merencanakan waktu evaluasi
D.
Merencanakan analisa perbaikan dan pengayaan
7. Membaca sebagai pemrosesan kata-kata, konsep, informasi, dan gagasan-gagasan yang dikemukakan oleh pengarang yang berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman awal pembaca ,hal ini menurut pendapat  .  .  .  .
A. Farris (1993:304)
B.
Syafi‘i (1999:7)
C. Hugo Harting
D. Dalam KBBI (2000:62)
8. Jenis-jenis membaca ada dua yaitu:
A. Membaca eksplisit dan implisit.
B.
Membaca nyaring, dan dalam hati. 
C.
Membaca ekstensif dan membaca intensif
D. Membaca cepat dan lambat.
9. Bacalah berita di bawah ini !
Ketagihan Game Online Murid SD Mencuri Uang
Senin , 10 Mei 2012     18:00
SEIBEDUK, METRO: Seorang bocah laki-laki yang baru duduk di SD Kelas 5 di Kabupaten Geresang nekat mencuri uang tetangganya. Bocah itu adalah Ha ( 11 ) ditangkap oleh pemilik uang yakni Bu Tega pada hari Sabtu siang pukul 11.00 WIB. Di Markas Polisi, dengan wajah yang lebam dan kusut sehabis menangis ia menjawab “ Iya saya mengambil uang, untuk main game online Power Blank “  .  .  .  .
Dari berita diatas pesan pokok yang tersirat adalah . . .
A. Kegagalan dunia pendidikan  dalam pendidikan karakter.
B. Penegakkan hukum harus dijalankan.
C. Peringatan kepada semua pihak terhadap akibat buruknya kemajuan teknologi terhadap
      perkembangan anak.
D. Game Online harus dilarang karena berakibat buruk terhadap perkembangan anak.
10. Pesan pokok yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya disebut.  .  .  .
A. Petuah
B.
Amanat
C. Kesan dan pesan
D.
Ide pokok
11. Dalam cerita rakyat Malin Kondang pesan yang yang tersirat dalam cerita tersebut adalah.  .  .  .
A. Yang menyebabkan nak Durhaka
B.
Anak yang berhasil
C. Ibu yang tega mengutuk anaknya
D. Akibat dari anak yang durhaka terhadap ibunya.
12. Isi dari puisi “ Aku “ karangan Chairul Anwar adalah.  .  .  .
A. Penderitaan Pejuang Indonesia
B.
Penderitaan Chairul Anwar  
C. Penderitaan anak jalanan dalam mencapai kebebasan.
D.
Penderitaan dan keyakinan bangsa Indonesia untuk tetap hidup sepanjang masa.
13. Seorang penulis melalui tulisannya mengharapkan pembaca dapat melihat, mendengar, mencium bau,
      mencicipi dan merasakan hal yang sama dengan penulis. Jenis karangan tersebut termasuk.  .  .  .
A. ARGUMENTASI
B. EKSPOSISI
C. DESKRIPSI
D.
NARASI
14. Perhatikan contoh surat berikut !     
Nomor      : 420 / 234 / 419.42.10 / 2012
Lampiran  : -
Hal           : Pemberitahuan Pondok Ramadhan 1433 H

Kepada Yth : Bapak / Ibu Orang Tua / Wali M urid
                      Siswa SDN Sukabaca Kec. Ancerdas
                      Kediri
Assalamu’Alaikum Wr.Wb.
Dalam upaya Ketakwaankepada Tuhan Yang Maha Esa,  .   .   .   . dst.

     Bentuk surat seperti contoh diatas adalah .  .  .  .
A.      Bentuk lurus ( block style)
B.      Bentuk setengah lurus (semi block style)
C.      Bentuk lekuk (indented style)
D.      Bentuk paragraf mengantung (hanging paragraph)
15. Surat yang dikirim oleh seseorang kepada orang lain atau suatu organisasi/instansi termasuk jenis
      surat . . . . .
A. Surat resmi
B.
Surat formal
C.
Surat dinas
D. Surat pribadi
Kunci Jawaban
1.
C
6
D
11
D
2
B
7
A
12
D
3
A
8
B
13
C
4
D
9
C
14
A
5
A
10
B
15
D




IPS
81. Perbedaan antara konsep dan generalisasi adalah . . . ( a ) .
a. Konsep tidak memiliki tesis.
    Generalisasi memiliki tesis yang menunjukkan sesuatu tentang subjek  kalimat.
b. Konsep adalah dasar-dasar atau aturan-aturan yang dituangkan dalam kalimat yang kompleks
    Generalisasi sebagai suatu informasi atau data yang ada atau terjadi dalam kehidupan sehari-
    hari dan dikumpulkan dan dikaji oleh para ilmu sosial yang terjamin kebenarannya.
c. Konsep tidak memiliki tesis
    Generalisasi sebagai suatu informasi atau data yang ada atau terjadi dalam kehidupan sehari-
    hari dan dikumpulkan dan dikaji oleh para ilmu sosial yang terjamin kebenarannya.
d. Konsep adalah dasar-dasar atau aturan-aturan yang dituangkan dalam kalimat yang kompleks
    Generalisasi memiliki tesis yang menunjukkan sesuatu tentang subjek  kalimat.
82. Pengertian Fakta di bawah ini kecuali . . .   .( d )
a.  Kenyataan yang ada di sekitar kita yang tidak terbatas jumlahnya
b. Sebagai apa yang benar dan merupakan kenyataan, realitas yang real, benar dan juga
    merupakan  kejadian yang nyata.
c. Sebagai suatu informasi atau data yang ada atau terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan  
   dikumpulkan  dan dikaji oleh para ilmu sosial yang terjamin kebenarannya.
d. suatu kesatuan atribut yang berkaitan dengan simbol tentang objek, peristiwa atau proses.
83. Indonesia berada pada pertemuan berbagai macam kebudayaan dunia, yang berjalin satu dengan                
      yang lain.Bila diteliti dalam perjalanan sejarah, kebudayaan yang masuk ke Indonesia adalah . . .(B)
a. Kebudayaan Cina,  Islam, dan Eropa, Jepang
b. Kebudayaan Cina, Hindu, Islam, dan Eropa.
c. Kebudayaan Cina, Syiawa, Islam, dan Eropa.
d. Kebudayaan Cina, Hindu, Islam, dan Belanda.
84. Kebudayaan seperti yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat merupakan keseluruhan gagasan dan
      karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi dan karyanya
      itu. Oleh karena itu, kebudayaan menyangkut hal yang sangat luas, antara lain bahasa, sistem
      teknologi, sistem mata pencaharian hidup atau ekonomi, organisasi sosial, sistem pengetahuan,
      kesenian, dan religi. Keragaman sosial budaya mencakup .  .  .    . ( c )
a.       keragaman Sara, Etnik, dan Agama Nusantara.
b.      keragaman Ras, Etnik, dan Budaya Nusantara.
c.       keragaman Ras, Etnik, dan Agama Nusantara.
d.      keragaman Ras, Budaya, dan Agama Nusantara.
85. Hubungan antara makhluk hidup, terutama manusia dengan lingkungannya sangat berlangsung secara
      erat. Ketika manusia hadir untuk pertama kalinya di permukaan bumi, maka pada saat itulah manusia
      sudah membutuhkan bantuan lingkunga. Misalnya manusia membutuhkan udara untuk bernafas dan
      sebagainya. Ketika awal pertumbuhan penduduk masih sedikit, hubungan manusia dengan lingkungan
      masih seimbang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin meningkatnya jumlah
      manusia di muka bumi ini yang tidak diimbangi oleh pertumbuhan dan perkembangan sumber daya
      alam, maka kelangsungan hidup manusia mulai mengalami ancaman. Hal ini dikarenakan  . . . (a)
a.       Jumlah sumber daya alam semakin menipis, sementara yang membutuhkan sumber daya alam semakin banyak.
b.      Jumlah sumber daya alam semakin menipis, sementara yang membutuhkan sumber daya alam tidak mengerti.
c.       Jumlah sumber daya alam semakin menipis, sementara pemerintah terus meningkatkan ekspor sumber daya alam .
d.      Jumlah sumber daya alam semakin menipis, sementara eksploitasi sumber daya alam banyak dikuasai pemilik modal asing.
86. Upaya sadar dan terencana, yang memadukan lingkungan hidup, termasuk sumberdaya, ke dalam proses pembangunan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan adalah pengertian dari . . .   .(b)
a.  Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kesejahteraan rakyat.
b.  Pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup
c.  Pembangunan daerah yang berwawasan kesejahteraan rakyat.
d.  Pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan hidup .
87. Gejala alam yang terjadi di Indonesia dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu .  .  .   . (d)
a.  Faktor kenampakan alam Indonesia dan faktor perilaku kebijaksanaan pemerintah.
b.  Faktor gejala alam Indonesia dan faktor perilaku manusia.
c.  Faktor keadaan alam Indonesia dan faktor kebijaksanaan pemerintah.
d.  Faktor keadaan atau kenampakan alam Indonesia dan faktor perilaku manusia.
88. Pada dasarnya perilaku manusia yang kurang bertanggung jawab, menyebabkan terjadinya gejala
     (peristiwa) alam yang dapat merugikan kehidupan manusia. Salah satu contohnya ialah .. .   (a)
a.       Kebiasaan manusia yang suka membuang sampah sembarangan. Sehingga dapat berakibat tersumbatnya aliran air ini , air meluap sehingga terjadilah banjir. 
b.      Kebiasaan manusia yang tidak mentaati peraturan.
c.       Kebiasaan manusia yang selalu merasa kurang.
d.      Pembangunan pemukiman yang terus menerus.
89. Koentjaraningrat (1993:384), menyatakan, bahwa sumber-sumber konflik antar suku-suku bangsa
      atau golongan pada umumnya dalam Negara-negara sedang berkembang, seperti Indonesia, yaitu
      kecuali . . . .  (d)
a.      Konflik bisa terjadi, kalau warga Negara dari dua suku bangsa masing-masing bersaing dalam hal mendapatkan lapangan mata pencaharian hidup yang sama.
b.      Konflik bisa terjadi kalau warga dari satu suku bangsa mencoba memaksakan unsur-unsur dari kebudayaak kepada warga dari suku bangsa lain.
c.       Konflik yang sama dasarya tetapi ebih fanatic dalam wujudnya, bisa terjadai kalau warga dari satu bangsa mencoba emaksakan konsep-konseo agamanya terhadap warga dari suku bangsa lain yang berbbed agama.
d.      Konflik akan terjadi kalau kepala suku bangsa berusaha menguasai suku bangsa lain.
90. Tahap-tahap adanya globalisasi terdiri atas tiga fase.yaitu kecuali . . .  ( b)
a. Globalisasi dimulai sejak abad ke-15 yang ditandai dengan ekspansi bangsa-bangsa Eropa ke
    beberapa wilayah Negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin serta penduduk kulit kulit putih atas
    tanah Amerika Utara dan Australia.
b. Adanya revolus Industry di Negara-negara Eropa.
c. Era pembangunan. Pada periode ini ditandai dengan masa kemerdekaan dunia ketiga secara
    fisik. Pada fase kedua ini kolonisasi tidak terjadi secara fisik, artinya penjajahan sudah diakhiri
   di sebagian besar negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin.
d. Fase ketika, terjadi menjelang abad 21 atau penghujung abad 20, yang ditandai dengan  
    liberalisasi di segala bidang.
91. Indonesia relatif berhasil dalam menjalankan penyesuaian tahap pertama terhadap globalisasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan ekonomi seperti arus perdagangan barang dan jasa serta modal. Namun, globalisasi juga membawa dampak negatih antara lain . . .  ( c)
a. Meningkatnya kejahatan masyaraka
b. Meningkatnya perilaku masyarakat terhadap pornografi .
c. Meningkatnya kesenjangan antara kelompok masyarakat yang lebih punya akses terhadap
    globalisasi dengan yang tidak.
d. Meningkatnya kelompok masyarakat yang tidak beragama.
92. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk dunia dan perkembangan ilmu pengetahuan  serta teknologi, terutama perkembangan teknologi informasi mengantarkan masyarakat dunia pada sistem ekonomi global. Pada proses globalisasi ekonomi, sebagian besar penduduk yang tersebar di dunia ke tiga mengalami proses peralihan. Proses peralihan ini terjadi dari . . .  (d )
a. Kehidupan tradisional menuju kehidupan yang modern yang tertutup.
b. Kehidupan yang terisolasi menuju kehidupan yang terbuka.
c. Kehidupan tradisional yang terisolasi menuju kehidupan yang modern dan tertutup.
d. Kehidupan tradisional yang terisolasi menuju kehidupan yang modern dan terbuka.
93. Aktifitas masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat beragam. Ada yang bekerja di sawah, berjualan di pasar, bekerja di kantor, bekerja di pabrik, pengemudi kendaraan dan pekerja di bidang jasa. Semua bentuk kegiatan merupakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi di bagi menjad tiga, yaitu: kecuali . . .   (b )
a. Produksi
b. Kontruksi
c. Distribusi
d. Konsumsi
94. Suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pemilihan barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertinda sebagai alat penimbun kekayaan adalah pengertian dari . . .  ( c )
a. Emas
b. Giro
c. Uang
d. ATM
95. Rasional mempelajari IPS untuk jenjang pendidikan dasar adalah kecuali agar siswa dapat . . .( d)
a.Mensistematisasikan bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah
   dimiliki tentang manusia dan lingkungannya menjadi lebih bermakna.
b.Lebih peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan
   bertanggung jawab.
c.Mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan antar  manusia.
d. Memperkuat posisinya dalam kelompok social.
96. Bagi Indonesia, karakteristik warga negara yang baik tentu saja harus mengacu kepada Dasar Negara
      Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (Pembukaan UUD 1945 alinea 4) dan  Undang-Undang
      tentang Sisdiknas. Seperti juga tujuan pendidikan pada umumnya, tujuan utama pengajaran IPS
      adalah  . . .   . ( a.)
a.Untuk membentuk dan mengembangkan pribadi “warga negara yang baik” (good citizen).
b. perkembangan kehidupan manusia, sejarah yang dimulai dari sejarah lingkungan terdekat
    sampai yang terjauh, tentang tokoh-tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
c. Mensistematisasikan bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang
    manusia
d. Lingkungan geografi dan budaya meliputi segala aspek geografi dan antropologi yang terdapat
                sejak dari lingkungan anak yang terdekat sampai yang terjauh.
97. Dalam rangka pengajaran IPS banyak sekali media yang dapat dipakai. Menurut Oemar Hamalik (1985:63) contoh contoh media pengajaran seperti transkripsi electris, radio, rekaman pada tape recorder termasuk …   (b)
a.       Alat-alat visual
b.      Alat-alat yang bersifat auditif
c.       Dramatisasi
d.      Demonstrasi
98. Bentuk assessment ini didasarkan pada dua aktivitas pokok, yaitu observasi proses saat berlangsungnya unjuk keterampilan dan Evaluasi hasil cipta atau produk. Metode ini sangat tepat untuk mencapai target reasoning, skill dan product. Sedangkan afektif sangat penting untuk persiapan yang cermat dan pengalaman yang banyak serta mendalam dan pemikiran yang praktis.(Stiggins (1994, Student Centered Assesment ) termasuk jenis penilaian . . . .  ( a )
a. Performance Assesment
b. Selected Respone Assesment
c. Essay Assesment
d. Communication With Report Card Grades
98. Penilaian Non Tes penting untuk diterapkan, utuk melegkapi penilaian tes. Secara umum teknik ini dibagi menjadi beberapa macam, yaitu  kecuali . . .  .  (c)
a.       Teknik observasi
b.      Teknik kuisioner dan inventori
c.       Teknik Formal
d.      Teknik wawancara
99. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan, maka perlu dilaksanakan evaluasi pembelajaran IPS. Evaluasi 
      pembelajaran IPS yang baik dilandasi oleh asas-asas yang menjadi persyaratannya. Oleh karena itu,
      untuk memperoleh alat evaluasi yang memenuhi syarat, wajib dilakukan melalui . . . .( c)
a.       Perancangan dan perencanaan dengan Kompetensi Dasarnya.
b.      Perancangan dan perencanaan dengan Indikatornya.
c.       Perancangan dan perencanaan dengan kisi-kisinya.
d.      Perancangan dan perencanaan dengan Tujuannya.
100. Pada hakekatnya evaluasi adalah penilaian program, proses, dan hasil pendidikan yang dilaksanakan
        secara berkesinambungan. Evaluasi pembelajaran IPS mempunyai beberapa fungsi bermakna antara
        lain . . .  .  (a)
a.       Bagi guru maupun bagi peserta didik
b.      Bagi guru ,peserta didik, maupun bagi atasan guru.
c.       Bagi guru ,peserta didik, atasan guru , maupun Masyarakat
d.      Bagi guru ,peserta didik, atasan guru ,masyarakat, maupun pengawas pendidikan.




“ SELAMAT BERLATIH SEMOGA SUKSES 
Guru Bankid SIJI